Translate

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

6 Sihir Musik


Agak berlebihan? Barangkali iya. Tapi, semua akan terasa wajar jika kita membicarakan musik & keajaibannya. Musik memang ajaib, apalagi jika Sobat sudah mengenal bagaimana sihir musik dapat bermanfaat besar dalam kehidupan.
Setelah pernah dihebohkan dengan efek Mozart pada otak janin, ternyata sihir musik tak lantas langsung berhenti. Pesonanya terus berkembang seiring dengan penelitian-penelitian para ahli seputar  manfaat lain musik. Berikut adalah enam sihir musik yang berguna bagi kesehatan seperti yang terdapat dalam buku Kehebatan Musik untuk Mengasah Kecerdasan Anak karya Imam Musbikin.


Pikun
Ketika mendengarkan sebuah lagu yang Sobat rasa enak, secara otomatis otak akan merekam lagu tersebut. Walaupun tak hapal litiknya, paling tidak Sobat tentu dapat menyenandungkan melodinya. Terlihat jelas bahwa musik mengasah otak dalam mengingat sebuah komposisi. Bahkan salah satu penelitian mengungkapkan bahwa efek pertunjukan musik bermanfaat bagi pasien penderita pikun, sering-seringlah mendengar musik.
Rasa Nyeri
Pusing sedikit, langsung minum obat. Pegal atau nyeri sedikit, juga minum obat. Mungkin Sobat termasuk tipikal orang seperti itu. Terlalu banyak mengkonsumsi obat tertentu kurang baik bagi tubuh. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya jika Sobat mencoba sihir musik. Salah satu penelitian yang dilakukan kepada 500 pasien yang baru menjalani pembedahan perut mengungkapkan, setelah rutin mendengarkan musik, mereka mengaku rasa sakitnya berkurang. Efeknya kurang lebih sama dengan mereka yang mengkonsumsi obat penghilang rasa sakit.

Kanker
Penyakit yang satu ini memang menjadi salah satu penyakit yang ditakuti banyak orang. Sihir musik memang tak dapat serta merta mengatasi penyakit ini. Namun, penelitian mengungkapkan penderita kanker yang harus menjalani kemoterapi, merasa lebih nyaman dan sakitnya berkurang ketika menjalani kemoterapi sembari mendengarkan musik.

Jantung
Sobat suka menyanyi? Tak penting suara sobat merdu atau fals, karena orang yang hobi menyanyi secara teratur dipercaya dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung. Sebab, ketika menyanyi , secara otomatis kadar oksigen dalam peredaran darah terpacu dengan teratur kejantung.

Autis dan Kesulitan Belajar
Belajar sambil mendengarkan musik yang asyik tentu menyenangkan. Selain membuat hati nyaman, tingkat konsentrasi pun meningkat. Nah, spesialisasi musik terapi, Paul Nordoff dan Clive robbins dari Nordoff-Robbins Musik Theraphy di London mengklaim bahwa anak yang frustasi dan juga autis akan mengalami peningkatan energi ketika bermain musik.

Stres
Rutinitas yang monoton, tugas yang bertubi-tubi, dikejar-kejar deadline, membuat rasa stres muncul. Apalagi Jika Sobat kurang tidur, stres pun semakin memuncak. Untuk mengatasinya, Sobat dapat mendengarkan musik dikantor. Salah satu penelitian mengungkapkan bahwa pekerja yang mendengarkan musik saat istirahat siang, perasaan lelah dan depresi mereka akan berkurang  hingga 50 persen!

Enam sihir diatas menunjukan betapa musik memiliki mantra-mantra yang woow... Sobat ingin merasakannya? Bersiaplah tersihir sekarang juga.. Abrakadabra!



Sumber : harian Kompas

0 comments:

Post a Comment

Music Art Blogs - BlogCatalog Blog Directory
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More