Translate

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Progressive rock

Progressive rock adalah sebuah subgenre dari musik rock yang berkembang pada akhir 1960-an dan awal 1970-an yang merupakan upaya untuk mengangkat musik rock ke tingkat kredibilitas artistik baru.
band rock Progresif mendorong "batas rock teknis dan komposisi" dengan melampaui standar atau struktur musik rock pada umumnya yang dilengkapi dengan paduan suara. Reakan musisi dari Oxford menyatakan bahwa band rock progresif "... dieksplorasi diperpanjang struktur musik yang melibatkan pola instrumental rumit dan tekstur dan subjek yang bersifat khusus atau terbatas". Selain itu, komposisi musikal dari rock progressive ini sering dimasukkan unsur-unsur yang diambil dari klasik, jazz, dan musik tradisional. Instrumental dan lagu dengan lirik yang kadang-kadang konseptual, abstrak, atau didasarkan pada fantasi. band rock Progresif kadang-kadang digunakan dalam konsep album yang membuat pernyataan bersatu, biasanya menceritakan sebuah kisah epik atau tentang kehidupan pada umumnya secara menyeluruh. Progresif rock dikembangkan dari tahun 1960-an psychedelic rock, sebagai bagian dari kecenderungan yang luas dalam musik rock era ini untuk menarik inspirasi dari pengaruh yang semakin beragam.
 Karakteristik Rock Progressive
Rock Progresif cenderung menghindari struktur aransemen musik populer pada umumnya dengan penempaan bridge dan chorus, atau mengaburkan perbedaan formal dengan memperluas bagian atau menyisipkan selingan musik, sering dengan dinamika berlebihan untuk meningkatkan kontras antara satu bagian dengan yang lainnya. Bentuk klasik yang sering disisipkan atau diganti, kadang-kadang sering dicampur adukan dan di medleys dengan tradisional band rock sebelumnya. musik rock Progresif seringkali memperpanjang bagian instrumental, dengan menggabungkan tradisi solo tradisi klasik dengan improvisasi jazz dan rock psychedelic. Semua ini cenderung untuk menambah panjang potongan musik rock progresif, yang bisa berlangsung lebih lama dari dua puluh menit dan biasanya tidak berdasarkan banyaknya lagu pada umumnya, tapi karya musik yang memiliki banyak kesamaan dengan konsep musik yang lebih mapan.

Band rock progresif Awal memperluas palet timbral instrumentasi rock tradisional gitar, organ, bass, dan drum dengan menambahkan instrumen yang lebih khas dari musik jazz atau musik tradisional, seperti flute, saksofon, dan biola, dan lebih sering menggunakan keyboard, synthesizer dan efek elektronik. Beberapa instrumen - terutama synthesizer Moog, yang Mellotron dan organ Hammond - telah menjadi suatu kebutuhan yang erat terkait dengan genre ini. Dalam penggambaran pada karakter musik klasik, jazz, tradisional dan pengaruh eksperimental, musisi rock progresif lebih cenderung untuk mengeksplorasi tanda birama lain dari 4 / 4 dan perubahan tempo. Progressive rock pada umumnya cenderung lebih bebas dalam pendekatan berirama dibanding bentuk lain dari musik rock. Pendekatan yang diambil bervariasi di seluruh karya-karya yang berbeda namun bisa berkisar dari birama teratur (seperti 4 / 4).

Melodi dan harmoni: Pada progressive rock, dengan nada blues rock mainstream sering digantikan oleh jazz dan pengaruh klasik. Melodi lebih cenderung utama yang berdasarkan pada skala pentatonis, dan lebih cenderung mengembangkan bagian-bagian yang pendek dan menarik. Akord dan progresi akord dapat ditambah dengan 6, 7, 9, dan interval majemuk; dan I-IV-V umumnya jauh lebih kecil. Sindiran, atau bahkan kutipan langsung suatu tema klasik yang terkenal adalah biasa. Beberapa band (terutama King Crimson) telah digunakan tanpa nada atau harmoni yang disonan, dan beberapa, seperti Henry Cow, Shub-Niggurath, dan 5uu's, bahkan bekerja dengan serialisme dasar. Tekstur dan pencitraan: soundscapes ambien dan elemen teater dapat digunakan untuk menggambarkan adegan, peristiwa atau aspek lain dari konsep ini. Sebagai contoh, motif utama yang digunakan untuk mewakili berbagai karakter dalam "Kejadian 'Harold Barrel" (dari Nursery Cryme) dan "Robbery, Assault dan Battery" (sebuah trik dari Tail), dan lebih secara harfiah, suara jam dan alat kas (kasir) digunakan untuk mewakili waktu dan uang dalam Pink Floyd's Dark Side of the Moon.
 
sumber : wikipedia




0 comments:

Post a Comment

Music Art Blogs - BlogCatalog Blog Directory
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More